Selasa, 05 Oktober 2010

Tugas Dasar Pemasaran I

BAB I
PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG
Sehubungan dengan meningkatnya jumlah pasar di sekitar tempat tinggal kita, ingin rasanya, saya menjelaskan secara rinci apa sebenarnya yang di namakan pasar itu.
          Selain itu, pasar pun tidak hanya berdiri sendiri. Akan tetapi, banyak faktor penunjang sehingga pasar tersebut berdiri sempurna. Salah satu faktor penunjang itu ialah pemasaran.
          Pada makalah ini, saya akan bahas secara rinci 2 masalah tersebut, yaitu pasar dan pemasaran.

I.2 TUJUAN
          Tujuan saya membuat makalah ini adalah agar teman-teman mengetahui lebih jelas apa yang di namakan pasar dan pemasaran.





BAB II
ISI
II.1 PASAR
Pasar Apa yang akan dijumpai di pasar? Kegiatan apa saja yang dilakukan pedagang di sana? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan muncul di benak kita setiap kali akan mengunjungi suatu pasar. Di pasar, kita akan menjumpai banyak penjual yang menawarkan berbagai macam barang, baik hasil pertanian, maupun hasil industri. Selain itu, kita akan banyak menjumpai orang dengan tujuan berbelanja yang berbeda pula. Dari hanya untuk memenuhi kebutuhannya (mengkonsumsi), untuk dijual kembali (distribusi) sampai untuk diolah kembali kemudian dijual (produksi). Selanjutnya, di antar pembeli dan penjual tersebu sering kali terjadi tawar menawar yang diakhiri dengan transaksi jual beli.
Pengertian secara sempit
                   Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pengertian secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membeli barang dengan harga tertentu.




Pengertian pasar secara khusus
1.    Sebagai sarana distribusi
Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya pada konsumen.
2.     Sebagai pembentuk harga
Di pasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga terbentuklah harga.
3.     Sebagai sarana promosi
Dengan berbagai macam cara para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen sehingga para konsumen berniat membeli barang tersebut.













II.2 PEMASARAN

Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju. Promosi, bagian dari pemasaran produk hingga menarik konsumen.





BAB III
PENUTUP
III.1 KESIMPULAN
Kesimpulan dari pembahasan pasar dan pemasaran yang telah saya buat tersebut adalah :
Ø  Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membeli barang dengan harga tertentu.
Ø  Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Dan intinya, antara pasar dan pemasaran memiliki keterkaitan yang sangat erat, yaitu pasar adalah sebagai wadahnya dan pemasaran yaitu prosesnya.
III.2 KRITIK DAN SARAN
   Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini, masih banyak kekurangannya. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan sarannya yang dapat membangun bagi penulis.


DAFTAR PUSTAKA
v  Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selasa, 05 Oktober 2010

Tugas Dasar Pemasaran I

BAB I
PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG
Sehubungan dengan meningkatnya jumlah pasar di sekitar tempat tinggal kita, ingin rasanya, saya menjelaskan secara rinci apa sebenarnya yang di namakan pasar itu.
          Selain itu, pasar pun tidak hanya berdiri sendiri. Akan tetapi, banyak faktor penunjang sehingga pasar tersebut berdiri sempurna. Salah satu faktor penunjang itu ialah pemasaran.
          Pada makalah ini, saya akan bahas secara rinci 2 masalah tersebut, yaitu pasar dan pemasaran.

I.2 TUJUAN
          Tujuan saya membuat makalah ini adalah agar teman-teman mengetahui lebih jelas apa yang di namakan pasar dan pemasaran.





BAB II
ISI
II.1 PASAR
Pasar Apa yang akan dijumpai di pasar? Kegiatan apa saja yang dilakukan pedagang di sana? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan muncul di benak kita setiap kali akan mengunjungi suatu pasar. Di pasar, kita akan menjumpai banyak penjual yang menawarkan berbagai macam barang, baik hasil pertanian, maupun hasil industri. Selain itu, kita akan banyak menjumpai orang dengan tujuan berbelanja yang berbeda pula. Dari hanya untuk memenuhi kebutuhannya (mengkonsumsi), untuk dijual kembali (distribusi) sampai untuk diolah kembali kemudian dijual (produksi). Selanjutnya, di antar pembeli dan penjual tersebu sering kali terjadi tawar menawar yang diakhiri dengan transaksi jual beli.
Pengertian secara sempit
                   Pasar adalah suatu tempat pertemuan penjual dan pembeli untuk melakukan transasksi jual beli dan jasa.
Pengertian secara luas
Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membeli barang dengan harga tertentu.




Pengertian pasar secara khusus
1.    Sebagai sarana distribusi
Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya pada konsumen.
2.     Sebagai pembentuk harga
Di pasar terjadi tawar menawar antara penjual dan pembeli sehingga terbentuklah harga.
3.     Sebagai sarana promosi
Dengan berbagai macam cara para produsen memperkenalkan hasil produksi kepada konsumen sehingga para konsumen berniat membeli barang tersebut.













II.2 PEMASARAN

Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju. Promosi, bagian dari pemasaran produk hingga menarik konsumen.





BAB III
PENUTUP
III.1 KESIMPULAN
Kesimpulan dari pembahasan pasar dan pemasaran yang telah saya buat tersebut adalah :
Ø  Pasar adalah tempat bertemunya penjual yang mempunyai kemampuan untuk menjual barang/jasa dan pembeli yang melakukan uang untuk membeli barang dengan harga tertentu.
Ø  Pemasaran (Inggris:Marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Dan intinya, antara pasar dan pemasaran memiliki keterkaitan yang sangat erat, yaitu pasar adalah sebagai wadahnya dan pemasaran yaitu prosesnya.
III.2 KRITIK DAN SARAN
   Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini, masih banyak kekurangannya. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan sarannya yang dapat membangun bagi penulis.


DAFTAR PUSTAKA
v  Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas




Tidak ada komentar:

Posting Komentar