Rabu, 06 Oktober 2010

Tugas Dasar Pemasaran III

BAB I
PENDAHULUAN
I.I Latar Belakang
Pemasaran (marketing) dan penjualan (sales) adalah dua kata yang sering di salah persepsikan oleh khayalak umum. Kedua kata tersebut sering di kaitkan sama arti. Banyak khalayak umum yang belum faham definisi dari kedua kata tersebut. Yang pada akhirnya mereka mendefinisikan sendiri, kalau halnya kedua kata itu sama makna.
Sebenarnya, kedua kata tersebut, memang ada kesamaan. Tetapi bukan dari segi apapun, terutama makna. Kedua kata tersebut memiliki kesamaan hanya di jenis pekerjaan.
Untuk lebih jelasnya, semuanya saya rangkumpada makalah yang saya buat ini.
I.II Tujuan
Tujuan saya membuat makalah ini, adalah supaya khayalak umum tidak salah  persepsi lagi dengan yang namanya, pemasaran dan penjualan.  Dan supaya, lebih faham dan mahir lagi di kedua bidang tersebut dikemudian hari nanti.







BAB II
ISI
II.I Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Definisi yang paling sesuai dengan tujuan tersebut adalah :
Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997).


Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands).
Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta, 1996).
II.II Pengertian Penjualan

Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan
rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan
dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan
laba (Marwan, 1991). Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan,
karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta suatu usaha memikat
konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga
dapat mengetahui hasil produk yang dihasikan. Menurut Winardi (1982),
penjualan adalah suatu transfer hak atas benda-benda. Dari penjelasan
tersebut dalam memindahkan atau mentransfer barang dan jasa diperlukan
orang-orang yang bekerja dibidang penjualan seperti pelaksnaan dagang,
agen, wakil pelayanan dan wakil pemasaran.









BAB III
PENUTUP
III.I Kesimpulan
Kesimpulan dari makalah tentang pemasarna dan penjualan yang saya bikin ini adalah:
v  Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi.
v  Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan
rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan
dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.
Sangat jelas tertera di atas, bahwa antara pemasarn dan penjualan sangat berbeda makna.
Pemasaran membantu menciptakan nilai, sedangkan penjualan untuk mengembankan.

III.II Kritik dan Saran
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini, masih banyak kekurangannya. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan sarannya yang dapat membangun bagi penulis.






DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rabu, 06 Oktober 2010

Tugas Dasar Pemasaran III

BAB I
PENDAHULUAN
I.I Latar Belakang
Pemasaran (marketing) dan penjualan (sales) adalah dua kata yang sering di salah persepsikan oleh khayalak umum. Kedua kata tersebut sering di kaitkan sama arti. Banyak khalayak umum yang belum faham definisi dari kedua kata tersebut. Yang pada akhirnya mereka mendefinisikan sendiri, kalau halnya kedua kata itu sama makna.
Sebenarnya, kedua kata tersebut, memang ada kesamaan. Tetapi bukan dari segi apapun, terutama makna. Kedua kata tersebut memiliki kesamaan hanya di jenis pekerjaan.
Untuk lebih jelasnya, semuanya saya rangkumpada makalah yang saya buat ini.
I.II Tujuan
Tujuan saya membuat makalah ini, adalah supaya khayalak umum tidak salah  persepsi lagi dengan yang namanya, pemasaran dan penjualan.  Dan supaya, lebih faham dan mahir lagi di kedua bidang tersebut dikemudian hari nanti.







BAB II
ISI
II.I Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal sentral. Pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Definisi yang paling sesuai dengan tujuan tersebut adalah :
Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lain (Kotler, 1997).


Definisi pemasaran ini bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands).
Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bia juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual (Swasta, 1996).
II.II Pengertian Penjualan

Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan
rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan
dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan
laba (Marwan, 1991). Penjualan merupakan sumber hidup suatu perusahaan,
karena dari penjualan dapat diperoleh laba serta suatu usaha memikat
konsumen yang diusahakan untuk mengetahui daya tarik mereka sehingga
dapat mengetahui hasil produk yang dihasikan. Menurut Winardi (1982),
penjualan adalah suatu transfer hak atas benda-benda. Dari penjelasan
tersebut dalam memindahkan atau mentransfer barang dan jasa diperlukan
orang-orang yang bekerja dibidang penjualan seperti pelaksnaan dagang,
agen, wakil pelayanan dan wakil pemasaran.









BAB III
PENUTUP
III.I Kesimpulan
Kesimpulan dari makalah tentang pemasarna dan penjualan yang saya bikin ini adalah:
v  Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi.
v  Penjualan adalah suatu usaha yang terpadu untuk mengembangkan
rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan
dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.
Sangat jelas tertera di atas, bahwa antara pemasarn dan penjualan sangat berbeda makna.
Pemasaran membantu menciptakan nilai, sedangkan penjualan untuk mengembankan.

III.II Kritik dan Saran
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini, masih banyak kekurangannya. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan kritik dan sarannya yang dapat membangun bagi penulis.






DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar